Minggu, 26 Januari 2014

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Pada Ms. Office Word

Nah yang ini juga bikin anda makin mudah. Ketika anda selesai meyelesaikan tugas makalah/skripsi anda, Anda tidak usah membuka kembali semua buku atau referensi yang anda gunakan.
Emang bisa ya?? jawabnya BISA!! gimana caranya???
Caranya mudah, anda tidak usah menginstall softwere apa pun, karena sebenarnya sudah tersedia pad Ms. Word. Namun orang jarang mengetahuinya.
Mari ikuti langkah-langkahnya..

Pertama, setiap kalimat yang anda kutip, langsung Anda masukkan sumbernya, caranya yaitu letakkan kursor diujung kalimat yang anda kutip.

Kemudian klik Reference –> Insert Citation kemudian pilih add new source.

Maka akan muncul kotak Create Source. Kemudian anda tinggal memilih bentuk sumber yang anda gunakan, Book, Report, Journal Article, dsb.

Isi pada kolom Author, Title, Year, City, Publisher, dst.
Bagian Author jika yang menyusun adalah perorangan (satu orang atau lebih) Misalnya “H.L. Blum”, Jika lebih dari satu orang dipisahkan dengan tanda titik koma Misalnya (Sulistiyani; AhmadLamsidi).

Adapun jika yang menyusun adalah suatu instansi atau lembaga Misalnya “WHO” maka pilih Corporate Author.

Setelah selesai maka akan muncul pada kursor yang anda letakkan tadi berupa innote Misalnya (WHO, 2008). Innote ini bisa anda delete jika anda merasa kurang tepat sebagai innote. Namun akan tetap tersimpan sebagai sumber sehingga ketika anda mengklik Bibiliography diakhir langkah-langkah ini dia akan tetap masuk menjadi daftar pustaka.

Setelah selesai memasukkan semua sumber. Letakkan kursor pada bagian halaman untuk daftar pustaka, biasanya dihalaman akhir setelah BAB 3 Penutup.
Klik Reference, dan pilih Bibiliography, maka pada halaman tadi Bibiliography Anda akan muncul.

Maka akan muncul Daftar Pustaka tersebut seperti berikut.

Selanjutnya Anda hanya tingal mengubah Bibiliography menjadi “Daftar Pustaka”(jika perlu).

Anda juga bisa mengubah style daftar pustaka misalnya APA, Chicago, Harvard, dsb.

Jika setelah itu anda memasukkan kembali sumber yang lain, anda tinggal mengklik update yang terdapat pada bagian atas tabel Daftar Pustaka tersebut.

Kemudian dirapikan kembali, Block bagian Daftar Pustaka tersebut, lalu klik Times new roman, black. 12, Ctrl+J.

Daftar Pustaka tersebut juga bisa Anda rapikan dengan misalnya anda geser baris keduanya agak menjorok kedalam.
Dengan cara memblock bagian daftar pustaka, kemudian baru digeserkan dibagian atasnya (Left Indent).

Akhirnya Daftar Pustaka Anda selesai.

Ayo silahkan dicoba…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar