Sabtu, 04 Januari 2014

Cara Membuat “Paper Model/Paper Toy”

Inilah di@ tipsnya:
1.         Regeister di www.perikertas.com atau laman hobi papercraft lain.
2.         Unduh pola/desain di laman tersebut.
3.         Cetak hasil unduhan tersebut dengan ukuran kertas A4.
4.         Siapkan gunting, lem, cutter, dll.
5.         Guntinglah sesuai pola dan petunjuk yang telah disediakan, lalu lipat dan rekatkan dengan lem.
Jenis kertas
1.         HVS
Mempunyai ketebalan 70-100 gsm; bisa digunakan untuk pemula sampai expert; jenis ini merupakan yang paling mudah didapatkan, namun kurang bagus untuk model ukuran besar (tinggi diatas 30 cm)
2.         WF paper (kertas buku gambar)
Mempunyai ketebalan 120-160 gsm; bisa digunakan untuk pemula sampai expert; kertas ini mudah ditemukan di buku gambar maupun sketchbook (tertera di cover belakang), tidak mudah rusak saat dibentuk.
3.         Inkjet paper
Mempunyai ketebalan 100-135 gsm; bisa digunakan untuk pemula sampai expert; kertas ini sangat cocok untuk paper model yang mengutamakan warna.
4.         Briefcard/BC
Mempunyai ketebalan 160-220 gsm; bisa digunakan untuk medium sampai expert; kertas ini cocok untuk paper model dengan ukuran di atas 30 cm, karena tebal dan kokoh
5.         Glossy Photopaper
Mempunyai ketebalan 100-220 gsm; bisa digunakan untuk pemula hingga expert; digunakan untuk paper model kualitas foto, kualitas cetak sangat terang, cocok untuk paper model yang mengutamakan warna.
6.         Jasmine
Mempunyai ketebalan 120-175 gsm; bisa digunakan untuk medium hingga expert; kertas mirip “starDream”; digunakan untuk paper modem kualitas mengkilap namun dapat dicetak di inkjet printer; sering dipakai oleh papermodeller dunia dalam membuat robot; cocok untuk paper model yang mengutamakan warna dan ketebalan.
7.         StarDream
Mempunyai ketebalan 120-220 gsm; bisa digunakan untuk expert; kertas mengkilap dan mempunyai berbagai macam warna, teksturnya lic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar